Pemprov Banten Raih Prestasi Eliminasi TBC

Tangerangexpose.com – Gerakan Eliminasi TBC oleh Pemerintah Provinsi Banten menemukan sebanyak 34.210 kasus berdasarkan data 2019. Kasus TB ini sebelumnya diprediksi dapat menemukan sebanyak 33.058 kasus.

Dengan capaian temuan kasus melebihi 100%, maka Pemprov Banten dinilai berhasil dan layak dianugerahi penghargaan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dengan predikat Capaian Tertinggi Cakupan dan Pengobatan Keberhasilan Tuberkolusis Tahun 2018 – 2019.

Hingga saat ini, data capaian Gerakan Banten Eliminasi TBC Banten dilakukan melalui TOSS bersama. Adapun sejumlah temuan di antaranya; temuan orang batuk berdahak, kendalikan faktor resiko penularan TB, periksa terduga TB secara laboratorium dan klinis, serta obati semua kasus dengan tingkat keberhasilan pengobatan menyeluruh terhadap penderita kasus, hingga mencapai 85 persen.

“Untuk di Provinsi Banten saya telah mengeluarkan Instruksi Gubernur Nomor 2 Tahun 2018 tentang Gerakan Eliminasi TBC dan Cegah Stunting, sehingga sangat massif dilakukan oleh setiap elemen masyarakat yang terlibat,” ungkap Gubernur Banten Wahidin Halim, Rabu (29/1/2020).

Dalam acara Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC 2030, gubernur yang akrab disapa WH ini mengapresiasi kinerja Dinkes Kabupaten Tangerang yang telah menjalankan amanahnya dengan sangat baik. Gerakan tersebut dicanangkan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) di Cimahi, Bandung, Jawa Barat, Rabu (29/1/2020).

“Saya apresiasi kerja jajaran Dinas Kesehatan yang telah melewati target dengan melibatkan elemen masyarakat, untuk mengeliminasi kasus TBC melalui TOSS,” ucap WH.

Di Provinsi Banten, lanjut WH, kampanye dan penyuluhan Gerakan Eliminasi TBC ini dilakukan kepada seluruh lapisan masyarakat, bersama lembaga-lembaga yang terlibat dalam gerakan tersebut.

Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC 2030 ini merupakan kegiatan yang diinisiasi Kementerian Kesehatan RI bekerjasama dengan Stop TB Partnership Indonesia (STPI) dan Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI). Adapun kegiatan diikuti sebanyak 34 gubernur, 119 bupati dan wali kota se-Indonesia. /rill

Bagikan berita ini ;

About Redaksi

Check Also

5.300 Guru Honorer Belum Dibayar, Mulyadi LM : Dindikbud Dzholim !

Tangerangexpose.com – BANTEN – Sebelumnya sejumlah media memberitakan salah seorang guru honorer dari salah satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *