Airin Sebut Persoalan Sampah Masih Jadi PR, Tangsel Akan Bangun PLTSa Cipeucang

Tangerangexpose.com – Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany menyebut bahwa penyelesaian sampah masih menjadi pekerjaan rumah (PR) untuk Pemkot Tangsel. Hal itu diungkapkannya seusai pertemuan di gedung Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan RI.

“Sejak tahun lalu sudah ditentukan jika untuk menyelesaikan masalah ini, pemerintah akan membangun PLSTa di Cipeucang,” ucap Airin.

Airin menegaskan, apapun teknologi yang digunakan sebenarnya bukan sebuah masalah. Namun yang terpenting, teknologi yang ada dapat menyelesaikan permasalahan.

“Yang terpenting teknologi benar-benar bisa menyelesaikan permasalahan yang ada. Sehingga harus dikerjakan dengan serius,” tegasnya.

Namun demikian, untuk pembangunan PLSTa ini, lanjut Airin, akan dapat terwujudkan pada September 2021, lantaran beberapa proses tahapan yang harus dikerjakan.

“Misalnya, penyusunan FBC dan persiapan bidding dan lainnya, itu membutuhkan waktu yang cukup panjang,” tuturnya.

Sementara Dirjen Pengelolaan Pembiayaan Risiko Kementerian Keuangan RI, Luky Al Firman menjelaskan, pemerintah pusat menghargai komitmen Pemkot Tangsel mengenai sampah. Sehingga pihaknya akan terus memberikan dukungan terhadap Pemkot Tangsel mengenai pengelolaan sampah yang baik dan benar.

“Nanti ketika berhasil, Tangsel akan menjadi model atau pilot project yang bisa dicontoh oleh kota dan kabupaten lainnya. Sehingga harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh,” jelas Luky.

Luky menambahkan, permohonan Pemkot Tangsel terkait PLSTa ini akan disampaikan kepada pihak Asian Development Bank. Yang mana saat ini, sambungnya, pemerintah pusat sudah menunjuk ADB dan SMI sebagai pendamping proses pembangunan PLSTa itu.

“Sesuai jadwal, dari ADB bahwa pemenang lelang atau investor baru diketahui paling cepat pada September 2021,” tandasnya. /re

Bagikan berita ini ;

About Redaksi

Check Also

Waduh! Pemkot Tangsel Beli Tanah Rp10 Miliar Diduga Sengketa Untuk Pembangunan SMPN 23, Kok Bisa?

Tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG SELATAN – Pembelian lahan seluas 4.500 meter oleh Dinas Perumahan Kawasan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *