Salut! Upaya Optimal Dinkes Kota Tangerang Tangani Warga Terdampak Banjir

Tangerangexpose.com – Dilanda banjir sejak awal Februari 2020, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan optimal kepada warga terdampak banjir.

Delapan posko kesehatan dihadirkan yang tersebar di beberapa wilayah yaitu Posko Taman Elang RW. 16, Posko Periuk Damai RW. 08 Masjid Al Jihad, Posko Kecamatan Periuk, Puskesmas Gembor, Masjid Mujahidin RW 08 Total Persada Kelurahan Gembor, RW 21 Garden City Kelurahan Gebang Raya, RW 13 Perumahan Villa Tangerang Indah Gebang Raya, Posko Kesehatan di Pasir Jaya RW. 2.

Ditambah posko bantuan yaitu di Posko Kesehatan Kelurahan Gebang Raya Kecamatan Periuk dan Posko Bantuan Periuk Damai RW. 08 Masjid Al Jihad.

Kepala Dinas Kesehatan, dr Liza Puspadewi, mengatakan, masing-masing posko dilengkapi lima petugas kesehatan yang disiapkan untuk melayani masyarakat. “Untuk di wilayah Periuk Jaya, disediakan satu posko mobile yang siap bergerak melayani kesehatan masyarakat,” jelas dr. Liza, Rabu (05/02).

Posko, lanjutnya, akan bergerak sesuai dengan titik banjir. Jika di titik awal surut, Posko tersebut akan pindah ke titik yang masih banjir dan menbutuhkan. Di mana masing-masing posko, bisa menangani 30 hingga 50 pasien.

Adapun terkait penyakit yang ditangani di posko kesehatan, menurut data yang dihimpun dari Posko Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Tangerang, penyakit terbanyak akibat banjir Bulan Februari 2020, antara lain Dermatitis (Eksim Kulit) sebanyak 73 orang, Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) sebanyak 62 orang, Chepalgia (Sakit Kepala) sebanyak 53 orang, Mialgia sebanyak 24 orang, Gastritis (Radang Lambung) sebanyak 10 orang dan Diare sebanyak 1 orang.

dr. Liza berharap, masyarakat dapat menjaga kebersihan dan lingkungan sekitar dari tercemarnya bakteri-bakteri penyakit. Terlebih kondisi pasca banjir. Beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu dengan sering mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas, menjaga pola makan dan pola tidur, hingga memastikan lingkungan tetap dalam keadaan bersih.

“Terus waspada, istirahat cukup dan jaga asupan makan agar kondisi fit sehingga penyakit tidak mudah menyerang tubuh kita,” pesannya. /re

Bagikan berita ini ;

About Redaksi

Check Also

FJT Kutuk Aksi Penembakan Pimred Media Lassernewstoday, Polri Diminta Segera Tangkap Pelaku

Tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Forum Jurnalis Tangerang (FJT) mengutuk aksi penembakan dan meminta Kepolisan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *