Pemkot Tangerang Pertajam Arah Kebijakan di 2020

Tangerangexpose.com – Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Tangerang Tahun 2021 merupakan tahun ketiga RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Tahun 2019-2023 atau RPJMD periode akhir dalam RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) 2005-2025.

Di tahun 2021 mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang akan mempertajam arah kebijakannya. Kepala Bappeda Kota Tangerang, Ir. R. Sugihharto Achmad Bagdja, MSi menyampaikan ada beberapa prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan oleh Pemkot Tangerang.

Berdasarkan isu strategis dan tantangan pembangunan saat ini, Pemkot Tangerang akan merumuskan 6 hal prioritas pembangunan tahun 2021. Di antaranya adalah Peningkatan Kualitas Infrastruktur, Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), Peningkatan Daya Saing Ekonomi Daerah, Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup dan Permukiman, serta Penguatan Pelayanan Publik dan Penyederhanaan Birokrasi.

“Perkembangan jumlah penduduk di Kota Tangerang terus meningkat setiap tahunnya, karena itulah membuat Pemerintah Kota Tangerang untuk terus berpacu dalam menjawab tantangan melalui paket-paket kebijakan yang memihak kepada pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat,” papar Sugihharto.

Dalam Peningkatan Kualitas Infrastruktur, lanjut Sugihharto, Pemkot Tangerang berwacana untuk melakukan pembangunan dan pengembangan air minum (IPA Zona 2). Hal tersebut dicanangkan guna memaksimalkan layanan air bersih ke tingkat Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Kota Tangerang, dan daerah yang menjadi prioritas pemasangan pada zona 2, yaitu Periuk, Karawaci, Jatiuwung, dan Cibodas.

“Pemkot juga akan melakuan pembangunan gedung parkir kawasan kota lama, pembangunan Stadiun Kota Tangerang, renovasi Stadiun Benteng, pembangunan Sport Center, dan beberapa lainnya,” ucap Sugihharto.

Pada fokus Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), Suggihharto mengatakan, Pemkot Tangerang akan melakukan Pengembangan, Peningkatan serta Pembinaan pendidik dan tenaga pendidikan (PTK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SD dan SMP.

“Kami fokuskan isu strategis SDM dari beberapa lapisan, baik dari SDM dalam Pendidikan, Kesehatan, Kemiskinan, Pengangguran, bahkan Pelayanan Publik. Hal tersebut diharapkan dapat mewudkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas,” katanya.

Pemkot Tangerang juga memprioritaskan Peningkatan Daya Saing Ekonomi Daerah. Hal tersebut diharapkan mampu dapat membawa dampak positif bagi masyarakat Kota Tangerang atau pun bagi wilayah lainnya.

“Peningkatan Daya Saing Daerah dapat terlaksana jika banyak hal atau sector yang mendukung, sehingga dapat bersaing dengan daerah Kabupaten/Kota lainnya. Karenanya kami berupaya untuk meningkatkan daya saing usaha mikro, kecil dan menengah. Pengembangkan potensi wisata di Kota Tangerang, pengembangan perdagangan dalam negeri, hingga peningkatan investasi,” paparnya.

Selain itu, lanjut Sugihharto, Pemkot Tangerang juga memfokuskan rumusan pada Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup dan Permukiman. Dalam rangka mewujudkan lingkungan kota yang berkelanjutan, Pemkot Tangerang berupaya meningkatkan partisipasi dan inovasi.

“Beberapa upaya yang kami lakukan adalah dengan menerapkan perencanaan kota yang lebih inklusif dan design ramah lingkungan bahkan juga penegakan regulasi lingkungan. Tentunya dalam hal ini penanganan sampah hingga peningkatan kapasitas lingkungan hidup terus difokuskan,” ujarnya.

Suggiharto juga mengatakan Pemkot Tangerang berkomitmen untuk prioritaskan Penguatan Pelayanan Publik dan Penyederhanaan Birokrasi. Upaya-upaya yang dilakukan tentu sebagai wujud konkrit reformasi birokrasi di Kota Tangerang.

Lanjut Sugihharto, dalam prioritas Penguatan Pelayanan Publik dan Penyederhanaan Birokrasi ini, Pemkot Tangerang menitikkan beberapa kegiatan prioritas, di antaranya Pengembangan dan Integrasi Aplikasi Layanan Publik, Infrastruktur Internet dan Data Center, Penyediaan Jaringan WIFI di taman publik, Pengembangan dan Pengelolaan Pendataan Penduduk, bahkan hingga Penanganan Pengaduan dan Advokasi Perizinan dan Nonperizinan.

“Semua ini tentunya dengan tujuan untuk mengelola pengaduan dari masyarakat, memberikan akses untuk partisipasi masyarakat, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dan diharapkan mampu mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas daerah di tahun 2021,” tuturnya. /Adv

Bagikan berita ini ;

About Redaksi

Check Also

Upgrade Ilmu, PKK Kecamatan Neglasari Bersama Hope Worldwide Gelar Pembinaan Pola Asuh Anak

tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat PKK Kecamatan Neglasari untuk memberikan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *