Periuk Banjir Lagi, Gatot Wibowo: Masalah Banjir Adalah Persoalan Kita Bersama

Tangerangexpose.com – Persoalan banjir nampaknya masih menjadi momok menakutkan bagi warga di Perumahan Garden City, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang. Pasalnya, sejak musim penghujan awal tahun 2020 ini, warga di permukiman setempat tak pernah lepas dari bencana tersebut.

Tercatat sebanyak dua kali wilayah tersebut dilanda banjir besar pada awal Januari dan awal Februari. Kini, mendekati awal Maret pun wilayah tersebut kembali dilanda banjir. Curah hujan tinggi dalam tempo yang cukup lama pada Sabtu (22/2/2020), kembali menyebabkan banjir.

Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo mengakui bahwasanya masalah banjir masih menjadi PR bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang. Namun bukan hanya Pemkot saja, menurut ia, persoalan banjir harus bisa ditanggulangi bersama-sama.

“Masalah banjir adalah persoalan kita bersama, bukan hanya Pemkot saja. Kedepan, mungkin yang harus menjadi agenda pemerintah yaitu perbaikan tata kelola air, dan segera berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan pusat untuk pembangunan tanggul di hilirnya, itu saja mungkin yang harus dievaluasi,” paparnya, usai melaksanakan senam sehat bersama, Minggu (23/2/2020).

Terpisah, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Tangerang Bisri menuturkan, curah hujan deras yang mengakibatkan luapan air Kali Ledug memasuki permukiman warga dengan ketinggian mencapai 60 hingga 120 cm.

“Banjir di Garden City RW 21, 25 dan 22 karena curah hujan deras yang mengakibatkan luapan air kali ledug memasuki permukiman warga,” ujarnya. Ketinggian air di jalan utama Garden City RW 25 kurang lebih 120 cm dan di dalam gang rumah, kurang lebih 60 cm,” imbuhnya.

Sementara akses jembatan alamanda dijelaskan Bisri, ketinggian airnya mencapai 100 cm. Saat ini sudah terputus dan tidak dapat dilalui kendaraan roda 2 maupun roda 4.

“Sebagian warga sementara sudah ada yang mengungsi, baik di balai warga, posyandu. Ada juga yang ke rumah saudaranya,” terang Bisri.

Meski demikian, Bisri mengaku sudah mengoperasikan sejumlah pompa sehingga banjir cepat surut dan aktifitas warga kembali berjalan normal. /rill-hlm

Bagikan berita ini ;

About Redaksi

Check Also

Bagi-Bagi Proyek, PU Kota Tangerang Diduga Bersetubuh Dengan Oknum Pengusaha

tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Kota Tangerang akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *