Rentenir Merajalela, Pemkot Tangerang Segera Bentuk Satgas Anti Riba

Tangerangexpose.com – Assisten ekbangkesra Setda Kota Tangerang, Indri Astuti bersama Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tangerang Teddy Bayu Putra merencanakan Satuan Tugas (Satgas) Anti Riba. Pasalnya, di kota bermottokkan akhlaqul karimah tersebut masih merajalelanya rentenir.

Menurut Indri, bahwa dari hasil kunjungan ke Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandung, Pemerintah Kota Tangerang akan mengkaji pembentukan Satgas Anti Rentenir seperti yang telah dilakukan Pemerintah Kota Bandung.

“Diharapkan satgas ini, dapat membatasi gerak sebaran aktivitas rentenir. Karena di beberapa wilayah disinyalir sudah banyak masyarakat yang terjerat dan menjadi korban rentenir,” kata Indri saat menghubungi tangerangexpose.com, Selasa (3/2/2020) malam.

Korban jeratan kredit dari rentenir, lanjut Indri, itu beragam. Saking menggiurkan karena kemudahan akses, banyak yang terjerat sampai harus kehilangan harta benda akibat gagal bayar bunga kredit yang tinggi.

“Ya, Satgas ini juga nantinya akan menyusun program dalam lingkup sosialisasi, penyadaran dan mengedukasi masyarakat. Kemudian program yang berkaitan dengan advokasi dan mediasi, juga fasilitasi membantu korban rentenir. Anggota ini terdiri dari pegiat antirentenir, ada unsur koperasi, Dewan Masjid Indonesia, Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia, sampai LBH, bahkan nantinya kita akan libatkan masyarakat untuk sama-sama berperan aktif mencegah peredaran rentenir di wilayahnya,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tangerang Teddy Bayu Putra menjelaskan, bahwa sampai saat ini Kota Tangerang akan melakukan pengkajian satgas tersebut. “Ya, mungkin tidak harus sama dalam bentuk Satgas. Ini yang akan kita bahas/kaji dulu bersama, dan bisa jadi juga sama bentuknya adalah Satgas. Nanti finalnya setelah kita laporkan ke Walikota,” ucapnya.

Teddy juga menyampaikan, bahwa kondisi masyarakat atas rentenir tersebut membuat pemerintah prihatin. “Ini pak walikota sudah merasa prihatin atas kondisi masyarakat, sehingga pemerintah segera mencari solusi untuk bisa hadir mengadvokasi kondisi masyarakat yang terjerat renteng, karena selain merugikan juga meresahkan,” pungkasnya. /re

Bagikan berita ini ;

About Redaksi

Check Also

Viral Kedatangan Kepala Dinkes Kota Tangerang, Begini Penjelasan Kejari Tangerang

Tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Viral dan ramai diberitakan atas kedatangan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *