Wujudkan Ketahanan Pangan, Halaman Depan Rusunawa Betet Disulap Jadi Kebun

Tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Kondisi Covid-19 masih terus menghantui masyarakat Indonesia begitu juga di Kota Tangerang, dengan kembali diperpanjangnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di seluruh wilayah Provinsi Banten, Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Kota Tangerang bersama warga Rusunawa menyulap halaman jadi kebun yang bisa menunjang ketahanan pangan warga setempat.

Ya, wajah kawasan rumah susun sewa itu tampak asri dan hijau. Pemandangan menarik nampak jelas terhampar di Rusunawa Betet, Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang. Sejumlah tanaman baik sayur-mayur, buah-buahan dan tanaman hias ada disini.

“Tujuannya untuk program ketahanan pangan,” kata Kepala UPT Rusunawa Betet Ahmad Saepudin, di Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, Senin (30/11/2020).

Menurut Saepudin, bahwa pemanfaatan lahan diperuntukan sebagai area kebun dan sudah berlangsung selama 5 bulan ini. Hasil panen pun diberikan kepada masyarakat setempat.

“Ya, luas kebunnya sekitar 300 meter dan untuk kedepannya kami akan bangun Taman Tafakur. Singkatan dari Tanaman Pangan dan Holtikultur,” pungkasnya.

Sekedar informasi, bagi masyarakat untuk dapat mendiami atau menyewa rumah susun tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang memberikan persyaratan yang harus dilengkapi yakni bagi anda yang sudah menikah cukup melampirkan berkas seperti foto suami-istri ukuran 3×4, Fotokopi KTP, Fotokopi surat nikah, Fotokopi kartu keluarga, surat keterangan kerja dari perusahaan beserta slip gaji dan surat keterangan belum memiliki rumah dari kelurahan serta materai Rp.6.000 sebanyak dua lembar.

Sementara itu, bagi yang belum menikah, bisa melampirkan foto ukuran 3×4, Fotokopi KTP, Fotokopi KTP anggota kamar, surat keterangan kerja dari perusahaan beserta slip gaji dan surat keterangan belum memiliki rumah dari kelurahan serta materai Rp.6.000 sebanyak dua lembar.

Untuk diketahui, untuk tarif sewa Rusunawa per bulan sesuai Perda Nomor 21 Tahun 2000 tentang retribusi pemakaian kekayaan daerah yakni, type 21 tanpa Fasilitas Rp 90 ribu. Lalu Tipe 21 dengan fasilitas untuk lantai dasar Rp 215 ribu, lantai 1 Rp 200 ribu, Lantai II Rp 195 ribu, lantai III Rp 190 ribu dan Lantai IV Rp 175 ribu. Kemudian untuk Type 24 lantai dasar Rp 300 ribu, lantai 1 Rp 290 ribu, lantai 2 Rp 280 ribu, lantai 3 Rp 270 ribu, lantai 4 Rp 260 ribu, sedangkan untuk type 36 Tarif sewanya sebesar Rp 500 ribu. Tarif sewa itu diluar biaya listrik dan air, sedangkan untuk type lainnya masih menunggu perubahan perda, termasuk type yang ada di Rusunawa Panunggangan Barat. /Adv

Bagikan berita ini ;

About Redaksi

Check Also

FJT Kutuk Aksi Penembakan Pimred Media Lassernewstoday, Polri Diminta Segera Tangkap Pelaku

Tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Forum Jurnalis Tangerang (FJT) mengutuk aksi penembakan dan meminta Kepolisan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *