Jelang Reshuffle Kabinet Presiden Jokowi, GmnI Dorong Ahmad Basarah Jadi Menteri

Tangerangexpose.com – NASIONAL – Rencana reshuffle pertama kabinet Presiden Jokowi Jilid II dipastikan bakal terjadi dalam waktu dekat ini. Kepastian itu, setidaknya untuk mengganti dua orang menteri yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu. Yakni Menteri Kelautan dan Perikanan Edy Prabowo dan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Arieo Pandiko mengatakan, saat ini adalah waktu yang tepat bagi Presiden Jokowi untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja para bawahannya. “Salah satunya melakukan reshuffle kabinet,” jelas dia lewat keterangan tertulis yang diterima Tangerangexpose.com, Kamis (17/12/2020) malam.

Arieo juga menjelaskan, selain dua menteri yang ditangkap atas dugaan kasus korupsi, beberapa pembantu presiden saat ini juga dianggap tidak mampu menjalankan tugas dan memenuhi ekspektasi, juga layak diganti.

Arieo juga mengungkapkan untuk mengisi kekosongan posisi Menteri Sosial saat ini, Presiden harus memilih sosok yang benar-benar memahami Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Tujuannya tak lain agar dapat menerjemahkan visi-misi Presiden Jokowi dan mentransformasikannya pada program-program kementerian.

“Sehingga sejalan dengan cita-cita Indonesia untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Salah satu sosok yang saya anggap layak dan sesuai dengan kriteria tersebut adalah Ahmad Basarah,” ungkap Arieo.

Pentingnya melakukan reshuffle menurut Arieo lagi, selain untuk mengisi kekosongan jabatan, juga untuk merombak posisi menteri yang saat ini dianggap tidak mampu menjalankan amanat dan tanggung jawab yang diberikan presiden. ”Penggantinya harus yang kapabel,” ucapnya.

Arieo menyebut Ahmad Basarah yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dan Ketua Umum Persatuan Alumni (PA) GMNI adalah alternatif sosok yang ideal sebagai calon alternatif Menteri Sosial atau Menteri BUMN.

“Ahmad Basarah yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Umum PA GMNI adalah sosok nasionalis yang berintegritas dan benar-benar memahami Pancasila serta UUD 1945. Saya yakin beliau mampu menjalankan amanat UUD 1945 khususnya pasal 33 yang menjadi landasan pelaksanaan perekonomian nasional untuk menggerakan perekonomian Indonesia melalui BUMN,” pungkasnya. /rill

Bagikan berita ini ;

About Redaksi

Check Also

Penting! LKPP Keluarkan Pedoman Pelaksanaan Pengadaan BarJas Pemerintah, Cek Disini

Tangerangexpose.com – NASIONAL – Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menerbitkan 10 Peraturan LKPP (PerLKPP) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *