PMI Kota Tangerang Salurkan 350 Kantung Plasma, Ade: Permintaan Banyak, Semoga Penyintas Covid-19 Donor

Tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang sudah menyalurkan lebih dari 350 kantung darah plasma kovalesen hingga Minggu (31/1/2021). PMI Kota Tangerang terus mensosialisasikan penyintas Covid-19 untuk mau mendonasikan plasma konvaselen.

“Sudah 350 kantong yang kami distribusikan kepada rumah sakit terkait permohonan darah plasma konvalesen untuk membantu penyembuhan pasien positif Covid-19,” kata Kepala Biro Humas PMI Kota Tangerang Ade Kurniawan kepada awak media, Minggu siang.

Di sisi lain, PMI Kota Tangerang mencatat ada 183 antrean atau permintaan darah plasma konvalesen dari berbagai rumah sakit di Kota Tangerang.

Adapun 183 permintaan itu terdiri dari 62 kantong darah golongan A, 48 kantong golongan B, 51 kantong golongan O dan 22 kantong golongan AB.

“(Sebanyak) 183 antrean itu berdasar catatan kami sampai tanggal 30 Januari 2021,” kata Ade.

Kendati demikian, lanjut Ade, pihaknya akan mengirimkan sisa 16 stok plasma konvalesen yang mereka miliki ke beberapa rumah sakit yang membutuhkan.

“Kemungkinan hari ini, kami kirimkan ke rumah sakit yang mengajukan permintaan stok tersebut,” ujarnya.

Di satu sisi, Ade mengungkapkan, bahwa terdapat 120 warga Kota Tangerang yang telah mendonorkan plasma konvalesennya di PMI Kota Tangerang.

“Jumlah tersebut kami perkirakan akan terus bertambah seiring sosialisasi yang gencar kami lakukan,” tutur dia.

Dengan demikian, Ade mengimbau agar penyintas Covid-19 dapat mendonasikan plasma konvalesennya dengan mendatangi PMI Kota Tangerang.

Untuk diketahui, Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat (AS) mengizinkan penggunaan plasma konvalesen atau plasma darah untuk pengobatan penyakit Covid-19.

Oleh karenanya, PMI Kota Tangerang telah membuka layanan donor plasma konvalesen sejak Selasa (15/12/2020) lalu. Layanan tersebut dibuka setiap hari, mulai pukul 08.00 WIB hingga 22.00 WIB. /ian

Bagikan berita ini ;

About Redaksi

Check Also

Surat Telegram 750 Dicabut, Kapolri: Saya Luruskan, Tidak Ada Niat Mengekang Kebebasan Pers

Tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono mengatakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *