Hore! DPR RI Targetkan Asrama Haji Selesai Tahun 2023 di Kota Tangerang

Tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Anggota Komisi VIII DPR RI Selly Andriany Gantina mengatakan, pihaknya menargetkan pembangunan gedung asrama haji di Kota Tangerang selesai pada tahun 2023 mendatang.

Hal itu diungkapkan Selly setelah rapat dengan Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dan Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama Muhajirin Yanis di gedung Puspemkot Tangerang, Rabu (3/2/2021).

Dalam pembangunan asrama haji di Kota Tangerang, sudah ada itikad baik dari Pemerintah Kota Tangerang. Dia menyebut DPR segera mendorong pembangunan asrama haji ini.

“Kami akan mendukung dan mendorong agar sesegera mungkin asrama haji di Provinsi Banten bisa diwujudkan dalam waktu secepatnya. Sehingga pada tahun 2023 bisa dioperasionalkan sebagaimana mestinya,” ujar Selly.

Adapun untuk merealisasikan target tersebut, pada 2021 ini Pemerintah Kota Tangerang didorong untuk bisa menetapkan lahan serta grand design pembangunan asrama haji.

Lalu, pada 2022 pelaksanaan pembangunan asrama haji. Sehingga, tahun 2023 asrama haji bisa dioperasikan.

Selly mengatakan, pihaknya mendorong Wali Kota Tangerang untuk segera menyampaikan surat kepada kementerian terkait jika ingin menggunakan aset yang tersedia. Seperti lahan milik BUMN yang akan dihibahkan untuk asrama haji ini.

Selly menuturkan, DPR juga akan membentuk panitia kerja untuk melakukan pengawasan ataupun evaluasi terkait embarkasi haji se-Indonesia termasuk pembangunan asrama haji di Kota Tangerang.

Dia menambahkan asrama haji di Kota Tangerang sangat diperlukan karena kota ini letaknya dekat dengan Bandara Soekarno-Hatta dan DKI Jakarta.

“Khusus Provinsi Banten ini adalah provinsi yang memang sangat dekat dengan DKI Jakarta. Bandara Soekarno-Hatta menampung jamaah bukan haji saja, tetapi seluruh Indonesia pun diberangkatkan dari sini, maka ini satu keunikan untuk embarkasi haji,” jelasnya.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah berharap, rencana pembangunan asrama haji di Kota Tangerang bisa segera terlaksana.

Menurutnya, Pemkot Tangerang sudah memberikan opsi lahan. Arief menyebut opsi lahan yang bisa dimanfaatkan untuk asrama haji, yaitu lahan milik PT Angkasa Pura II dan lahan milik PT Modernland Tbk serta lahan milik pengembang Alam Sutera.

“Jadi, memang semangatnya kita mendorong bukan cuma asrama haji, tapi asrama haji dan umrah. Sehingga pelayanan buat jamaah haji dan umrah lebih baik dari saat ini,” katanya.

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama Muhajirin Yanis menambahkan kapasitas untuk fasilitas asrama haji di Kota Tangerang idealnya cukup untuk menampung tiga kloter. Adapun satu kloternya berjumlah 400 jamaah. /ian

Bagikan berita ini ;

About Redaksi

Check Also

Sertipikat Tanah Anda Rusak? BPN Kota Tangerang Siap Berikan Layanan Pengganti, Ini Syaratnya

Tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Kantor Pertanahan Kota Tangerang berikan Sertipikat Pengganti karena rusak, hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *