Tahap Presentasi Lomba Kampung Tematik 2021, Sebanyak 18 Peserta Siap Berkompetisi dari 67 Peserta yang terdaftar

Tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang menggelar lomba kampung tematik 2021 dalam rangka memperingati HUT Kota Tangerang ke-28, hal tersebut mengingat pentingnya upaya masyarakat dalam memelihara dan menjaga pembangunan yang sudah dilakukan pemerintah.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Bappeda Kota Tangerang Sugiharto Achmad Bagdja saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan tahan presentasi lomba kampung tematik 2021 di ruang rapat Ar Raudhoh, Gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin (15/2/2021) pagi.

Lomba inovasi kampung tematik 2021, kata Kepala Bappeda, merupakan yang ke-2 kalinya dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Kota Tangerang.

“Latar belakang lomba inovasi kampung tematik ini adalah menggali potensi masyarakat dengan kompetisi yang memiliki kompetensi dan tentunya sangat bergengsi,” kata Kepala Bappeda Kota Tangerang Sugiharto Achmad Bagja yang kerap disapa Ugi.

Untuk terciptanya daya saing di masyarakat, kata Ugi, kampung tematik 2021 di Kota Tangerang ini melalui pembangunan, pemeliharaan dan pembangunan dengan pemberdayaan masyarakat serta pengembangan UMKM terutama di masa pandemi.

“Melalui lomba kampung tematik ini juga diharapkan dapat menjadi masukan dalam evaluasi perkembangan dan rencana pengembangan kampung tematik melalui penginputan data dan presentasi pengelola kampung tematik,” ucapnya.

“Harapannya, semoga kampung tematik dapat menjadi kampung sejahtera mandiri yang bersinergi dengan program-program pemerintah Kota Tangerang yang dilaksanakan oleh SKPD,” tambahnya.

Lomba kampung tematik tahun ini, lanjut Ugi, dibagi menjadi tiga (3) tahapan. Yang pertama pendaftaran melalui input data, presentasi dan obervasi lapangan.

“Peserta yang telah mendaftar dan menginput data pada lomba kampung tematik 2021 sebanyak 67 kampung tematik dari 64 kelurahan di Kota Tangerang yang terdiri dari 32 peserta kampung tematik dengan katagori Pratama, untuk katagori Madya sebanyak 23 peserta dan 12 peserta untuk katagori kampung tematik Utama,” tukasnya.

Ugi juga menjelaskan, peserta yang berhasil masuk ketahap presentasi yaitu enam (6) peserta untuk masing-masing katagori. Dengan penilaian mengacu kepada indeks inovasi Kemendagri.

Ibnu Jandi

Masing-masing Peserta adalah;
•KATEGORI PRATAMA
1. KAMPUNG LORONG ANGGUR
2. KAMPUNG DANAU KALPATARU
3. KAMPUNG AYO BANGKIT
4. KAMPUNG JELI
5. KAMPUNG SUMUR MEDE
6. KAMPUNG PEPAYA JEPANG

•KATEGORI MADYA
1. KAMPUNG TALAS
2. KAMPUNG DARLING
3. KAMPUNG SANGKURIANG
4. KAMPUNG TAUBAT
5. KAMPUNG TEMPE
6. KAMPUNG HIJAU

•KATEGORI UTAMA
1. KAMPUNG MANGGA
2. KAMPUNG BCA
3. KAMPUNG URANG BARAYA
4. KAMPUNG LENTERA
5. KAMPUNG GREENPUL

Pada tahap presentasi, papar Ugi, peserta diberikan kesempatan untuk mengeksplor potensi, kebaharuan serta strategi pengembangan kampung tematik yang dikelolanya untuk dilanjutkan ke tahap verifikasi lapangan.

“Pada acara lomba kampung tematik 2021 ini juga diberikan mentoring yang diberikan oleh narasumber melalui sharing session yang diisi oleh inivator kampung tematik dan praktisi untuk memberikan masukan dalam membangun dan mengembangkan kampung tematik,” pungkasnya. /Adv

Bagikan berita ini ;

About Redaksi

Check Also

Deteksi Cepat, Pemkot Tangerang Gencarkan Tes GeNose di Pusat Keramaian

Tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus melakukan antisipatif, dalam upaya pencegahan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *