Tidak Layak Huni! DPRD Kota Tangerang Usulkan Segera Relokasi Warga TPA Rawa Kucing, Begini Kondisinya

Tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang mengusulkan relokasi pada warga yang bertempat tinggal di sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, RT 05/04 Kelurahan Kedaung Wetan, Kecamatan Neglasari.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi IV DPRD Kota Tangerang, Sumarti saat dihubungi wartawan tangerangexpose.com, selasa (23/2/2021) dini hari.

Selain soal dampak TPA itu sendiri, menurut Sumarti warga disana terimbas oleh genangan air kala hujan turun.

“Kita lihat sendiri kemarin saat sidak ke lokasi, kondisinya tidak layak huni, apalagi saat hujan turun deras dan memang pemukiman warga di sekitar TPA tergenang air dan bau. Ya, tentunya mereka disana terdampak dan itu harus direlokasi,” papar politikus dari partai PDIP.

Lebih lanjut, Sumarti menyampaikan bahwa sebelumnya pemerintah daerah telah menganggarkan biaya ganti rugi untuk relokasi. Hanya saja saat itu terkendala oleh status kepemilikan lahan.

“Pada tahun 2017 kita anggarkan, tapi memang akhirnya masyarakat tidak bisa membuktikan kepemilikan lahan, jadi tidak bisa direalisasikan,” katanya.

Sedangkan untuk tahun 2021, pemerintah kembali menganggarkan, namun besarannya hanya Rp 5 Miliar, meski berdasarkan kalkulasi kebutuhan dana diperlukan hingga mencapai Rp. 20 miliar.

“Ya, tapi tidak apa-apa bertahap. Karena memang kondisi keuangannya, harus diprioritaskan, karena juga banyak program lain dan itu untuk kepentingan masyarakat juga,” jelasnya.

Disinggung soal jumlah warga yang terdampak, Sumarti mengaku tidak mengetahui persis. Sebab saat melakukan kunjungan, dirinya dan rombongan terjebak oleh genangan air.

Sebelumnya, ketua komisi IV DPRD Kota Tangerang melakukan sidak kepada warga di lokasi sekitar TPA Rawa Kucing pada di RT.05/04 Kelurahan Kedaung Wetan, Kecamatan Neglasari Kota Tangerang, pada tanggal 16 Februari 2021.

Sejak tahun 2010, air limbah yang bersal dari gunungan sampah TPA Rawa Kucing sudah masuk kedalam rumah warga terlebih apabila musim hujan, Air berwarna hitam lalat dan bau busuk yg dirasakan oleh warga sehingga warga harus meninggalkan rumah karena sudah tidak tahan dengan kondisi yang ada.

Nama-nama warga yg tinggal di area TPA Rawa Kucing, Diantaranya;

1. Edy Chandra(ketua RT)/Lening
2. Haryanto salim
3. Wie Lanie
4. Lim pon nio
5. Wie Sonie
6. Haris
7. Nesih
8. Tomy Gunawan
9. Riman bin Ecang

Bagikan berita ini ;

About Redaksi

Check Also

Sertipikat Tanah Anda Rusak? BPN Kota Tangerang Siap Berikan Layanan Pengganti, Ini Syaratnya

Tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Kantor Pertanahan Kota Tangerang berikan Sertipikat Pengganti karena rusak, hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *