Upaya Berantas Riba dan Rentenir, DPRD Kota Tangerang Bahas Raperda Koperasi

Tangerangexpose.com – KITA TANGERANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang melalui pansusnya saat ini tengah membahas Raperda tentang Koperasi.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi III DPRD Kota Tangerang Wawan Setiawan mengungkapkan tujuan dari pembentukan raperda tersebut sebagai salah satu instrumen memberantas keberadaan rentenir atau biasa disebut bank keliling yang kebanyakan berkedok koperasi.

“Sudah banyak warga Kota Tangerang yang terlilit hutang dari rentenir itu atau ada juga yang menyebutnya bangke, singkatan dari bank keliling,” katanya kepada wartawan, Senin, 22 Maret 2021.

Wawan menambahkan melalui Raperda tentang Koperasi ini nantinya akan ditentukan sejumlah peraturan, sehingga para bank keliling yang berkedok koperasi dapat ditertibkan terutama dalam penentuan bunga hutang yang terkadang terlalu tinggi dibanding Suku Bunga Bank Indonesia

“Adanya bunga yang tinggi itu mengakibatkan warga yang terlanjur berhutang menjadi kesulitan untuk membayar hutangnya,” imbuhnya.

Dia juga menjelaskan raperda tersebut saat ini dalam tahap pembahasan dan dalam waktu dekat bisa segera disetujui dan ditetapkan menjadi Perda Kota Tangerang melalui Rapat Paripurna DPRD Kota Tangerang. /Adv

Bagikan berita ini ;

About Redaksi

Check Also

Bagi-Bagi Proyek, PU Kota Tangerang Diduga Bersetubuh Dengan Oknum Pengusaha

tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Kota Tangerang akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *