Banksasuci Refresentatif sebagai Lokasi Karantina Pemudik Dengan Konsep Alam

Tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Satuan Tugas Penanganan COVID-19 meminta pemerintah daerah mengkarantina pemudik nekat yang tiba di kampung halaman. Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito meminta Pemerintah Daerah menyiapkan Lokasi Karantina bagi para pemudik dari luar daerah dan kembali kedaerahnya.

“Saya meminta pemerintah daerah dan Satgas di daerah, untuk melakukan karantina selama 5×24 jam bagi masyarakat yang datang dari luar daerah.

Sehingga dapat mencegah penularan dengan optimalisasi Posko di desa atau kelurahan,” ucap Wiku saat konferensi pers di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Selasa (11/5/2021)
Wiku juga menambahkan bahwa pemudik arus balik wajib melakukan karantina selama 5 hari pasca sampai di tempat tujuan.

“Kalau sampai mereka (pelaku perjalanan) sudah pergi dan kembali, ada kewajiban melakukan karantina 5 x 24 jam,” katanya, Kamis (13/5).

Ketentuan ini juga diharuskan bagi pemudik yang baru datang ke daerah tujuannya.

Kewajiban karantina dilakukan untuk memastikan pemudik yang nekat pulang kampung tidak menyebabkan penyebaran virus.

“Yang sangat dikhawatirkan, dampak dari peningkatan kasus baru COVID-19 baru akan terlihat dalam 2-3 minggu pasca mudik.

Kondisi ini berpotensi peningkatan kasus COVID-19 dapat terjadi bila masyarakat terus memaksakan diri untuk melakukan mudik”. Pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Banksasuci Foundation Ade Yunus mendukung program karantina arus balik pemudik bahkan mengusulkan area banksasuci sebagai salah satu lokasi area karantina arus balik pemudik.

“Sebetulnya pada musim mudik tahun lalu sudah kita usulkan ke Satgas Covid-19 Kota, prinsipnya kami mendukung pemerintah dalam menekan penularan covid-19 pasca libur mudik salah satunya adalah karantina pemudik, “ tuturnya.

Ade menambahkan, pihaknya sudah jauh-jauh hari mempersiapkan lokasi area bila kemudian hari area banksasuci ditunjuk sebagai lokasi Karantina.

“Insya Alloh siap tinggal penambahan beberapa fasilitas dan penempatan saja seperti shelter petugas medis, yang pasti selama masa karantina di banksasuci masyarakat tidak bosan, jenuh apalagi stres, karena area kita kan terbuka dengan konsep alam camping ground dan outbound,” tambahnya.

Untuk diketahui, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 hingga Jumat (14/5) masih terus bertambah, tercatat 2.633 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Indonesia. Angka itu menambah jumlah total kasus mencapai 1.734.285 kasus.

Dalam 24 jam terakhir, juga didapati 107 kasus meninggal karena Covid-19. Sehingga total 47.823 kasus meninggal. Dan 3.807 kasus sembuh, sehingga total kasus sembuh mencapai 1.592.886 orang. /ian

Bagikan berita ini ;

About Redaksi

Check Also

Bagi-Bagi Proyek, PU Kota Tangerang Diduga Bersetubuh Dengan Oknum Pengusaha

tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Kota Tangerang akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *