Simpan Dana di Bank Ketimbang Untuk Masyarakat, Rekening Pemda Mencapai Rp194,54 T

Tangerangexpose.com – NASIONAL – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mencatat simpanan Pemerintah Daerah (Pemda) di bank mencapai Rp194,54 triliun pada akhir April 2021. Jumlahnya naik 6,69 persen dari Rp182,33 triliun pada akhir Maret 2021.

“Rekening pemerintah daerah masih meningkat walau pun kami belum transfer penuh Dana Alokasi Umum (DAU), mereka masih punya dana hampir Rp200 triliun,” ujar Ani, sapaan akrabnya, saat rapat bersama Komisi XI DPR di Gedung DPR/MPR, Senin (24/5).

Ani mengatakan jumlah simpanan pemda di bank sejatinya terus meningkat sejak awal tahun. Hal ini menandakan bahwa pemda kerap menyimpan dana mereka ketimbang menggunakannya untuk masyarakat.

Padahal, bendahara negara mengklaim bahwa pemerintah pusat justru jor-joran melakukan belanja untuk menopang ekonomi masyarakat di tengah pandemi.

“APBN bekerja luar biasa keras dengan belanja membantu masyarakat, di daerah malah belum menjadi motor penggerak yang tinggi,” ujarnya.

Mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu mencatat jumlah simpanan pemda mencapai Rp133 triliun pada Januari 2021, lalu naik menjadi Rp163 triliun pada Februari dan Rp182,33 triliun pada Maret lalu. Simpanan meningkat Rp61,04 triliun dari Januari ke April 2021.

Saldo rata-rata akhir tahun simpanan pemda selama tiga tahun terakhir bahkan berada di kisaran Rp96 triliun. Sementara untuk daerah dengan jumlah simpanan di bank terbanyak adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

“Jatim punya Rp25 triliun, Jateng Rp19 triliun, Jabar Rp18 triliun, dan ini masih menjadi pekerjaan rumah bagi kita,” pungkasnya. /rill

Bagikan berita ini ;

About Redaksi

Check Also

Penting! LKPP Keluarkan Pedoman Pelaksanaan Pengadaan BarJas Pemerintah, Cek Disini

Tangerangexpose.com – NASIONAL – Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) menerbitkan 10 Peraturan LKPP (PerLKPP) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *