DKP Tangerang Tingkatkan Peran Perempuan dalam Menanggulangi Kemiskinan

tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang menggelar pembinaan untuk menanggulangi kemiskinan melalui program Peningkatan Peran Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS). Pembinaan tersebut dilakukan di lingkungan RW 10 Kelurahan Karangsari dan RW 04 Kelurahan Kedaung Wetan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Abduh Surahman menyampaikan, program terpadu P2WKSS ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam hal ini Bapak Arief R. Wismansyah selaku kepala daerah bersama masyarakat untuk penanggulangan kemiskinan melalui program Peningkatan Peranan Perempuan dalam Pembangunan.

“Program ini berupaya untuk mengembangkan sumber daya manusia dan memanfaatkan sumber daya alam serta lingkungan untuk mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat, sejahtera dan bahagia dalam rangka pembangunan masyarakat dengan perempuan sebagai penggeraknya,” ucapnya

Abduh Melanjutkan, bahwa pihaknya telah melaksanakan pembinaan di 2 lokasi P2WKSS yaitu di Kelurahan Karangsari dan Kedaung Wetan.

“Ada banyak kegiatan yang dilakukan, di antaranya kami sudah melakukan penyuluhan cara budidaya ikan lele di lahan terbatas dengan metode demplot. Metode demplot atau demonstration plot ini merupakan suatu metode penyuluhan dengan cara membuat lahan percontohan, agar masyarakat kita dapat melihat dan membuktikan objek yang didemontrasikan,” ujarnya, Senin (18/10/2021)

Selain itu, lanjut Abduh, pihaknya juga mengadakan pembinaan pemanfaatan pertanian baik di demplot ataupun pekarangan rumah, penyuluhan budidaya tanaman oleh penyuluh pertanian, POPT dan pendamping kwt, pelatihan pengolahan pangan lokal B2SA dengan materi Menu Nasi Goreng Pisang seafood dan Bubur Singkong Cah Ayam Sawi, Pelatihan pengolahan pangan lokal untuk balita yaitu membuat Bubur Singkong Cah Ayam Sawi, serta Pembinaan pemanfaatan tabulapot dengan menggunakan planter bag dan wall planter.

“DKP juga telah memberikan bantuan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan P2WKSS, seperti sarana bertanam berupa benih sayuran, kompos/media tanam, polibag, pupuk cair, planter, bibit toga, benih ikan lele, pakan starter, pakan ikan serta tanaman buah-buahan,” tukasnya.

Abduh berharap pelaksanaan program P2WKSS ini senantiasa menjadi sarana dalam meningkatkan status Kesehatan, Pendidikan dan ekonomi perempuan; meningkatkan pengetahuan dan keterampilan perempuan dalam ekonomi produktif dan kreatif; meningkatkan kader penggerak di masyarakat dalam peningkatan kesejahteraan keluarga. /Adv

Bagikan berita ini ;

About Redaksi

Check Also

Pendampingan KIM di Kimfest 2021

tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Bidang Diseminasi Informasi dan Komunikasi Publik (DIKP) Dinas Kominfo Kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *