Bapenda Kota Tangerang Bentuk Satgas Verifikasi Data PBB P2 dan Penilaian Individual Tahun 2021

tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangerang telah membentuk satuan tugas (Satgas) verifikasi data Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Tahun 2021.

Maksud kegiatan tersebut sebagai upaya untuk memverifikasi dan mengupdate data, sehingga menambah keakuratan data yang dimiliki oleh Badan Pendapatan daerah Kota Tangerang dari objek pajak.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Tangerang Kiki Wibhawa mengatakan, verikasi yang dilakukan Satgas ini untuk mencocokan data yg ada dengan kondisi sebenarnya dilapangan. Apakah masih sesuai atau sudah ada perubahan termasuk dengan posisi koordinat yang ada di peta ARCGIS.

“Para Satgas langsung melakukan verifikasi data dengan survei ke objek pajak, kemudian mengirimkan lokasi survei ke dalam peta ARCGIS,” ujar Kepala Bapenda, Kiki Wibhawa, Selasa (23/11/2021).

Menurut Kiki, para petugas ini juga harus membuat rekapitulasi data yang berkaitan dengan perubahan dalam survei ke lapangan, juga merekapitulasi data pendukung seperti foto lokasi dan mengukur bangunan.

“Mulai tahun ini kami melakukan survei lokasi objek Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) berdasarkan peta digital. Dengan tujuan untuk menunjang perolehan pendapatan asli daerah (PAD) namun tetap mengedepankan keadilan bagi masyarakat/warga Kota Tangerang,” kata Kiki.

Kiki juga menjelaskan, ketidaksesuaian antara kondisi riil objek pajak dengan data wajib pajak akan mempengaruhi nilai objek pajak itu sendiri. Contoh dalam data bangunan masih berlantai satu, namun pada kenyataannya sudah berlantai dua.

Ketidaksesuai lainnya, sambung Kiki, objek pajak masih terdata tanah kosong namun pada data dilapangan tanah tersebut sudah berdiri bangunan.

“Jadi verifikasi ini sangat penting untuk mencocokkan data yang ada dengan kondisi objek pajak yang sebenarnya,” pungkasnya. /Adv

Bagikan berita ini ;

About Redaksi

Check Also

Finalisasi Anggaran, DPRD Kota Tangerang Bakal Ketok APBD TA 2022 Akhir November

tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang terus berupaya melakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *