Kembalikan Bentuk Alami Sungai, PUPR Kota Tangerang Gencar Lakukan Normalisasi

tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Demi mengembalikan dan mempertahankan bentuk alami sungai/saluran secara alami, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) gencar melakukan normalisasi saluran pembuang dan tandon yang tersebar di wilayah Kota Tangerang.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kepala Bidang Operasi dan Pemiliharaan Dinas PUPR Kota Tangerang Dody Ardiansyah, Dirinya menyampaikan bahwa normalisasi sungai tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengantisipasi luapan air saat intensitas hujan tinggi.

“Dengan memperlebar kembali badan air seperti semula dan mengeruk kedalaman sungai/saluran, nantinya kapasitas daya tampungnya akan mendekati daya tampung semula dan ideal. Ini juga menjadi salah satu cara mencegah banjir,” ujarnya.

Kegiatan normalisasi sungai ini, lanjut Dody, dilaksanakan secara swakelola yang dilakukan oleh para Tenaga Harian Lepas serta alat berat milik Pemkot Tangerang sendiri. Tujuan pelaksanaannya adalah agar tercapainya kualitas normalisasi yang ditunjukkan oleh berkurangnya titik banjir ketika curah hujan tinggi dan berkurangnya durasi banjir dan genangan.

“Normalisasi yang sudah dilakukan oleh Tim OPSDA tersebar di 12 Kecamatan dengan kedalaman sedimentasi yang dikeruk antara 50 s.d. 150 cm di setiap lokasi,” terangnya.

“Selain itu, normalisasi ini juga dapat dilakukan di beberapa jenis lokasi seperti tandon, embung dan saluran pembuangan,” tambahnya.

Dody berharap masyarakat pun ikut bekerja sama dalam mendukung normalisasi sungai tersebut, bukan hanya dalam pemeliharaan melainkan juga dengan meningkatkan kesadaran tinggi bahwa bencana banjir bisa terjadi kapan saja.

Karena menurutnya, untuk mengantisipasi datangnya banjir perlu adanya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungannya masing-masing. Dengan begitu diharapkan dapat meminimalkan korban dan kerugian akibat bencana di masa mendatang.

“Oleh karena itu ingatlah selalu untuk menjaga kebersihan lingkungan alam di sungai maupun di lingkungan sekitar. Jagalah sungai, tandon, embung dengan selalu membuang sampah pada tempatnya dan jangan mempersempit lebar badan airnya,” pungkasnya. /adv

Bagikan berita ini ;

About Redaksi

Check Also

Besok KPU Kota Tangerang Gelar Tes Tertulis Bakal Calon PPK, Cek Disini!

tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang bakal menggelar tes tertulis …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *