Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022, PDI-P Kota Tangerang Fokus Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Sejak ditetapkan oleh Presiden Jokowi melalui Kepres no. 24 Tahun 2016 maka bangsa Indonesia setiap tanggal 1 Juni kembali memperingati serta merayakan hari lahirnya dasar negara dan ideologi bangsa yaitu Pancasila.

Ketua DPC PDI Perjuangan Gatot Wibowo mengatakan, peringatan dan perayaan hari lahir Pancasila ini menjadi penting bagi semua elemen bangsa mengingat peran dan fungsi Pancasila sebagai dasar bagi terwujudnya tujuan kemerdekaan Indonesia.

“1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila merujuk pada isi Pidato Ir. Soekarno tepat di hadapan sidang BPUPK pada tanggal 1 Juni 1945 ketika menjelaskan tentang ‘apa dasar negara Indonesia merdeka?’. Selanjutnya substansi pidato Ir. Soekarno tersebut menjadi dasar pembahasan panitia 9 dalam menghasilkan Piagam Jakarta 22 Juni 1945 sampai dengan keputusan PPKI tanggal 18 Agustus 1945 yang melahirkan urut urutan 5 sila yang kita kenal hingga saat ini,” jelas Gatot, Rabu (1/6/2022).

Ia menambahkan, bahwa Kota Tangerang adalah kota yang penuh dengan nilai kebudayaan serta tingkat kemajemukan yang tinggi yang sangat rentan dengan perpecahan.

“Maka dari itu momentum peringatan serta perayaan Hari Lahir Pancasila ini sekaligus untuk meneguhkan sikap kita semua untuk menjaga dan merawat kebudayaan dan keberagaman tersebut, sehingg segala perbedaan yang ada menjadi kekuatan kita untuk memajukan Kota Tangerang yang didasari nilai Pancasila,” ugkapnya.

Dirinya berujar, perjuangan untuk membumikan nilai pancasila di Kota Tangerang adalah kewajiban semua elemen, beberapa hal yang harus menjadi agenda perjuangan antara lain komitmen kepada pelestarian Pancasila melalui kebijakan seperti mendorong pelaksanaan pendidikan Pancasila dalam praktek pembelajaran di setiap jenjang pendidikan sekolah.

Selain itu, kita wajib mendukung hadirnya Perda Pendidikan Pancasila dan wawasan kebangsaan sebagai dasar hukum membumikan Pancasila di tengah masyarakat.

“Dan terakhir memaksimalkan PPWK (Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan-red) di Kota Tangerang yang bertujuan untuk membentengi masyarakat dari infiltrasi paham-paham radikal yang dapat membahayakan persatuan dan kesatuan masyarakat Kota Tangerang,” tegasnya.

Lebih jauh ia mengatakan, bahwa pihaknya akan berjuang agar kebijakan yang dibuat pemerintah daerah fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat serta mendukung segala pemberantasan tindak pidana korupsi. Dan akan fokus pada terwujudnya pelayanan prima dari aparatur pemerintah.

“Dalam momentum hari lahir pancasila ini saya menegaskan tindak tegas kepada kelompok yang berupaya merongrong ideologi Pancasila, termasuk apabila ada aparatur atau pejabat yang terbukti mendukung gerakan tersebut agar diproses secara hukum yang berlaku,” tandasnya. /rill

Bagikan berita ini ;

About Redaksi

Check Also

Waduh! Banyak Yang Pingsan Saat Menyaksikan Band Kotak di Acara Muhaimin

tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Ribuan masyarakat Kota Tangerang padati lapangan Alun Alun Kota Tangerang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *