Pengabdian Kepada Masyarakat, STIH Painan Gandeng F SP KEP SPSI Kota Tangerang

tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Painan menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bersama Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (F SP KEP SPSI) Kota Tangerang, Rabu (27/7/2022) di kantor cabang serikat buruh setempat.

Ketua STIH Painan yang diwakili Suandi SH MH mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya pembekalan bagi mahasiswa semoga ke depannya segala ilmu yang dipelajari dapat dirasakan manfaatnya untuk masyarakat luas.

“Dalam kegiatan hari ini kami mencoba diberikan informasi serta pemahaman kepada para mahasiswa untuk bekal kita mengabdi di masyarakat. Salah satunya yakni peningkatan SDM (Sumber Daya Manusia-red) dan membuka kesempatan kerja,” ucapnya.

Lanjut Suandi, ada dua materi dalam diskusi kali ini yang pertama yaitu Proses Hukum Acara di Pengadilan Hubungan Industrial, dan kedua adalah Kesempatan Kerja dan Usaha bagi Masyarakat ditinjau dari UU Nomor 13 Tahun 2003 dan UU Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020.

Sementara itu, Ketua PC. FSP. KEP. KSPSI, Dedi Sudarajat mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Kita tahu zaman sekarang ini dunia pekerjaan kita butuh pengurus-pengurus yang handal, pengurus-pengurus yang SDM-nya mumpuni. Untuk apa? Untuk meningkatkan pembelaan kita di setiap PUK (Pimpinan Unit Kerja-red) atau di setiap basis kita di perusahaan,” terangnya.

Menurutnya, baik para mahasiswa atau yang sudah bekerja sekali pun mencari ilmu itu tidak akan pernah dirasa cukup sampai kapan pun. Karena ilmu itu selalu dinamis.

“Maka dari itu, kita sampaikan ucapan terima kasih karena sudah menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat ini. Peningkatan SDM itu harus terus ditingkatkan. Karena kita tidak boleh terjebak dalam romantisme gerakan. Kalau dulu kita hanya menggebrak meja untuk meningkatkan upah bagi buruh hari ini sudah tidak bisa seperti itu. Oleh karena itu, kegiatan ini sangat penting dan perlu. Untuk menyerap semua ilmu yang ada ada,” paparnya.

Dedi juga menyampaikan kegiatan tersebut dihadiri oleh 28 PUK dan masing-masing perusahaan diwakili oleh 2 orang peserta. Kegiatan itu pun dilaksanakan secara bergiliran, hanya bagi yang belum pernah mengikuti. Adapun yang sudah pernah mengikuti, tidak diikut-sertakan lagi.

“Kita berharap teman-teman dapat memahami bagaimana pembelaan beracara dalam dunia pekerjaan. Tentunya ini dapat meringankan tugas kami sebagai DPC, dimana saat tiap perusahaan atau tiap PUK di perusahaan dirasa sudah mumpuni ilmunya mereka pun dapat melakukan pembelaan-pembelaan baik di tingkat mediasi atau pun di tingkat PHI (Perselisihan Hubungan Industrial) nantinya,” pungkasnya. /ian

Bagikan berita ini ;

About Redaksi

Check Also

Soroti Moralitas dan Kinerja, GmnI Kota Tangerang Bakal Demo Kejari Tangerang

tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Perayaan Ulang Tahun Jaksa di Kejaksaan Negeri (Kejari) Tangerang menuai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *