Festival Maulid Nusantara Sukses Digelar, Wujud Syiar dan Merawat Khazanah Budaya Islam

tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – enjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin secara resmi menutup gelaran Festival Maulid Nusantara 2024, yang sukses digelar selama lima hari, 25 – 29 September 2024. 

Dalam kesempatan itu, Pj Wali Kota Nurdin mengungkapkan, festival yang merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia tersebut, merupakan wujud syiar Islam yang dikolaborasikan dengan berbagai khazanah budaya yang ada di Kota Akhlaqul Karimah.

“Seperti diketahui bersama, kenapa Indonesia merupakan salah satu negara dengan pemeluk agama Islam terbesar di dunia? Itu tak lain berkat upaya dari para wali kita yakni Wali Songo yang mensyiarkan agama Islam ini melalui akulturasi budaya sehingga dapat diterima oleh masyarakat Indonesia. 

“Begitu pula melalui Festival Maulid Nusantara ini, kita juga ingin melanjutkan apa yang sudah dilakukan oleh para wali, yaitu dengan terus mensyiarkan agama Islam juga tetap mempertahankan serta melestarikan budaya asli dari Indonesia khususnya yang ada di Kota Tangerang,” tutur Pj Wali Kota Nurdin, dalam sambutan penutupannya usai beristigasah dalam festival yang digelar Taman Elektrik Kota Tangerang, Minggu sore 29 September 2024.

Pj Wali Kota Nurdin menambahkan, bahwa esensi digelarnya kegiatan Festival Maulid Nusantara tersebut, selain untuk syiar agama dan budaya, juga untuk mendorong semangat toleransi di Kota Tangerang yang merupakan kota multikultural

“Esensinya adalah untuk mendorong semangat keagamaan dan pengembangan tradisi kesenian serta budaya dalam satu kesatuan, di mana Kota Tangerang sebagai Kota Akhlaqul Karimah yang multikultural ini, masyarakatnya dapat menikmati berbagai sajian dan persembahan dari Festival Maulid Nusantara ini,” imbuh Nurdin.

Lebih lanjut, Pj Wali Kota Tangerang menekankan, Pemerintah Kota Tangerang akan terus berkomitmen dan berupaya dalam mewujudkan Kota Tangerang berakhlaqul karimah membawa berkah bagi masyarakatnya.

“Selain melalui berbagai festival dan event keagamaan, juga harus terus dilakukan pembinaan-pembinaan keagamaan, dukungan terhadap pendidikan keagamaan seperti pondok pesantren dan program-program yang meningkatkan wawasan juga pengetahuan tentang agama Islam seperti melalui program Pelajar Tangerang Mengaji di sekolah-sekolah umum, serta majelis-majelis ta’lim juga akan kami dorong terus untuk bisa memberikan kiprah maksimalnya untuk mendukung terwujudnya masyarakat Kota Tangerang yang berakhlaqul karimah,” bebernya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Kota Tangerang, Kaonang mengatakan selama lima hari gelaran Festival Maulid Nusantara berlangsung dengan sukses.

Dikatakan Kaonang, semoga Festival Maulid Nusantara di Kota Tangerang ini semakin menguatkan kecintaan kita kepada Baginda Rasulullah SAW dan gelaran ini membawa maslahat bagi masyarakat Kota Tangerang.

“Semoga oleh Allah kita dapat dijumpakan kembali dengan Festival Maulid Nusantara di tahun depan yang lebih keren lagi, lebih maslahat lagi, lebih berdampak ekonomi kepada masyarakat. Mari kita perkuat Kota Tangerang dengan akhlaqul karimah,” jelas Kaonang didampingi Kabid Pemuda Dispora Kota Tangerang Supendi serta Ketua Tim Kerja OKP dan Kepramukaan Bidang Pemuda Dispora, Bobby Yunandar. /***

About Redaksi

Check Also

Sah! Paripurna Internal Tetapkan Pimpinan DPRD Kota Tangerang, Siapa?

tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Unsur Pimpinan DPRD Kota Tangerang telah ditetapkan melalui rapat paripurna …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *