Hore! Jelang Ramadhan Pemerintah Akan Salurkan Bantuan Sembako Pangan

tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Pemerintah segera menyalurkan bantuan sosial (bansos) berupa komoditas pangan menjelang Ramadan dan Idulfitri tahun ini.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, bansos pangan akan diberikan selama tiga bulan dalam bentuk, beras, telur, dan daging ayam.

“Pemerintah kemarin telah memutuskan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan beras selama tiga bulan, demikian juga bantuan telur dan ayam,” kata dia secara virtual, Minggu (05/03).

Menurut Airlangga, bansos ini perlu diberikan guna menekan inflasi yang dipicu kenaikan harga pangan menjelang hari besar keagamaan. Adapun saat ini regulasinya tengah disusun oleh pemerintah.

“Ini sedang diatur regulasinya, akan diberikan dalam tiga bulan, terutama pada desa-desa yang mendapatkan PKH (Program Keluarga Harapan) dan bantuan pangan non tunai,” terangnya.

Ia berharap bansos pangan ini bisa segera diberikan kepada masyarakat pada Maret, April, dan Mei 2023.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi pada Februari 2023 sebesar 5,47 persen (year on year). Kelompok makanan, minuman, dan tembakau yang mengalami inflasi 7,23 persen menjadi penyumbang inflasi terbesar dengan andil 1,87 persen.

Sementara Kementerian Sosial (Kemensos) menyiapkan data calon penerima bantuan sosial (bansos) pangan yang akan disalurkan oleh pemerintah menjelang bulan Ramadan.

“Oleh karena KPA-nya (kuasa pengguna anggaran) dari (Kementerian) Keuangan, saya hanya menyerahkan datanya saja,” kata Menteri Sosial Tri Rismaharini dikutip kantor berita Antara, Senin (06/03).

Menteri Sosial menyampaikan bahwa selama periode Januari-Maret 2023 pemerintah juga menyalurkan bantuan sosial PKH dan BPNT atau Kartu Sembako. /****

About Redaksi

Check Also

Jalin Sinergitas, PLN UP3 Bintaro Gelar Audiensi Bareng FKWT

tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Guna menjalin sinergitas dan silaturahmi, PLN UP3 Bintaro menggelar audiensi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *