Perkuat Wawasan Kebangsaan, Kesbangpol Kota Tangerang Gelar Seminar BEM dan OKP

tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Dalam suatu bangsa, wawasan kebangsaan tidak terpisahkan dari aspek kehidupan kulturalnya dalam pola-pola kehidupan ekonomi, sosial, dan politik.

Wawasan kebangsaan mampu menyadarkan semua masyarakat bangsa, akan pentingnya arti hidup bersama berdasarkan dasar persamaan status dan hak.

Dalam hal ini, Pemerintah Kota Tangerang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan yang dilaksanakan di Graha Bakti Karya (GBK) Modernland, Kamis (27/6/2024).

Kepala Badan Kesbangpol Kota Tangerang, Teguh Supriyanto mengatakan bahwa wawasan kebangsaan berfungsi sebagai perekat dari hidup bersama sebagai suatu bangsa.

“Dengan diadakan kegiatan ini, agar kita bisa mendalami dan memahami tentang arti bela negara dan mencintai tanah air ini, walau berbeda-beda tetapi tetap satu,” ucap Teguh.

Teguh menyampaikan, hakikatnya konsep wawasan kebangsaan mengandung aspek moral dan aspek intelektual. Pada aspek moral, wawasan kebangsaan menuntut adanya perjanjian diri atau komitmen pada setiap individu.

Dan pada aspek intelektual, wawasan kebangsaan akan memberikan pengetahuan tentang tantangan atau potensi masalah yang dihadapi bangsa. Sehingga, bangsa bisa melaksanakan aktivitas yang berguna bagi kehidupan bangsanya.

Dalam kegiatan yang dihadiri 100 orang peserta dari perwakilan BEM dan OKP se-Kota Tangerang itu Teguh mengajak agar terus menanamkan nilai-nilai leluhur bangsa dan semangat bela negara kepada generasi muda agar menjadi penerus bangsa yang tanguh dan bermartabat.

“Karena bangsa kita ini butuh pemahaman tentang bernegara, berorganisasi yang baik dan benar supaya kita berarti,” tegasnya.

Pada kegiatan itu, hadir sebagai narasumber (1) Cecep Agus Supriyanta, Asisten Deputi Koordinasi Wawasan Kebangsaan, Deputi Kesatuan Bangsa, Kemenko Polhukan RI. (2) AKBP Dr. Josephen Vivick Tjangkung MiKom Kepala BNN Kota Tangerang. (3) Andriani Johar Analis Kebijakan Ahli Madya, Direktorat Penyelenggaraan Program Paskibraka BPIP RI. (4) Yudhistira Prasasta, Komisioner KPU Tangerang.

Untuk diketahui, instansi pemerintah yaitu Kantor Sosial Politik (SOSPOL) dan Markas Wilayah Pertahanan Sipil (MAWIL HANSIP) yang dipimpin oleh seorang Kepala Kantor kemudian menjadi Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kantor Kesbang Linmas) Kota Tangerang. Berdasarkan Perwal Kota Tangerang Nomor 47 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Kota Tangerang.

Pada tahun 2014 mengalami perubahan nomenklatur menjadi Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) berdasarkan Peraturan Walikota Nomor 85 Tahun 2014 Tentang Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik dipimpin oleh seorang Kepala yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Walikota Tangerang melalui Sekretaris Daerah Kota Tangerang.

Tahun 2016 berdasarkan Peraturan Walikota Tangerang Nomor 86 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik. Tugas Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik membantu Walikota dalam melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang kesatuan bangsa dan politik sesuai dengan visi, misi dan program Walikota sebagaimana dijabarkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah.

Pada tahun 2019 mengalami perubahan nomenklatur menjadi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) berdasarkan Peraturan Walikota Kota Tangerang No 64 Tahun 2019 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

Berdasarkan Peraturan Wali Kota Tangerang Nomor 151 Tahun 2021 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik merupakan unsur pelaksana urusan pemerintah bidang kesatuan bangsa dan politik dalam negeri yang dipimpin oleh Kepala Badan yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Wali Kota melalui Sekretaris Daerah.

Badan Kesatuan Bangsa Bangsa dan Politik Kota Tangerang membawahi bidang-bidang, diantaranya Bidang Kesatuan Bangsa dengan Sub Bidang diantaranya Sub Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Ekonomi, Sosial, Budaya, Agama dan Sub Bidang Kewaspadaan Dini dan Penanganan Konflik. Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan dengan Sub Bidang diantaranya Sub Bidang Politik Dalam Negeri dan Sub Bidang Organisasi Kemasyarakatan. /***

About Redaksi

Check Also

Sejak 2015, Pemkot Tangerang Sukses Realisasikan 6.089 Unit Pembangunan Jamban Sehat

tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *