Waduh! Jelang Akhir Tahun, Serapan Anggaran Belanja Kota Tangerang Terbilang Rendah 58,29 Persen

tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Serapan anggaran belanja daerah Kota Tangerang tahun anggaran 2022 terbilang lemah baru mencapai 58,29 persen per Selasa (6/12/2022). Serapan 58,29 persen itu setara dengan Rp2,8 triliun. Sementara total anggaran belanja daerah Kota Tangerang sebesar Rp4,9 triliun.

Informasi Keuangan Daerah yang dirilis Kementerian Keuangan menunjukkan nilai serapan atau realisasi pendapatan dan belanja pada APBD Kota Tangerang berada di luar batas normal sebaran pendapatan/belanja seluruh pemerintah daerah secara nasional.

Dari empat pos utama di dalam belanja daerah, hanya belanja pegawai yang sudah mencapai 79,28 persen atau setara Rp1,3 triliun. Adapun anggaran belanja pegawai yang disediakan sebesar Rp1,6 triliun.

Sementara pos belanja barang dan jasa mencapai 65,29 persen atau setara Rp1,3 triliun. Adapun anggaran belanja barang dan jasa yang disediakan sebesar Rp2 triliun.

Berikutnya pos belanja modal terserap Rp165 miliar atau 18,67 persen dari pagu anggaran Rp886 miliar.

Kemudian pos belanja lainnya (hibah, bansos, belanja tak terduga) terserap Rp69 miliar atau 19,13 persen dari pagu anggaran Rp361 miliar.

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengatakan, serapan anggaran masih terus berjalan. Salah satu contohnya, di akhir tahun ini akan rampung pengerjaan infrastruktur yang dikerjakan oleh pihak ketiga.

Kota Tangerang, lanjut Arief, akan terus mengoptimalkan anggaran yang masih mengendap di bank menjelang tutup tahun anggaran 2022 ini.

“Masih ada waktu satu bulan supaya serapannya optimal,” kata Arief dalam keterangannya saat ditemui usai penetapan APBD Kota Tangerang 2023 di Gedung DPRD, Rabu (30/11/2022). /***

About Redaksi

Check Also

Jalin Sinergitas, PLN UP3 Bintaro Gelar Audiensi Bareng FKWT

tangerangexpose.com – KOTA TANGERANG – Guna menjalin sinergitas dan silaturahmi, PLN UP3 Bintaro menggelar audiensi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *